Universitas Kejuruan



Universitas ini tidak bisa dibandingkan dengan universitas di Indonesia tetapi hampir sama dengan Akademi Diploma 3 di Indonesia.

Masa belajar di universitas ini hanya 2 tahun dan setelah lulus bisa mendapatkan ijazah kejuruan, juga dapat melanjutkan kuliah serta dalam mencari pekerjaan akan lebih mudah.

Di Jepang sekarang ini untuk universitas kejuruan sudah berdiri sekitar 3.000 universitas, dan lebih dari 650,000 para siswa sedang belajar di universitas ini. Masa belajar di setiap universitas memang berbeda, tetapi yang paling banyak adalah selama 2 tahun.

Tujuan universitas kejuruan ini tidak study tentang ilmu tetapi mengasah kemampuan yang diperlukan di kehidupan untuk penerapan. Karena itu, semakin banyak orang Jepang setelah mereka lulus universitas pendek atau universitas normal juga ingin masuk dan belajar lagi ke universitas kejuruan ini, karena sekarang ini Perusahaan-Perusahaan lebih mencari orang yang mempunyai kemampuan spesialisasi daripada prestasi tinggi.

Pekerjaan yang biasanya banyak didapatkan setelah lulus universitas kejuruan di Jepang yaitu, Bisinis, Penterjemah, Perencana tour, perhotelan, Kantor Berita, Broadcast, Musik, Event organized, Design, Poto, Seni, Fashion, Komputer, Game, Mobil, teknik Pesawat, teknik mesin, Elektrik, Interior, Kontraktor, merawat hewan, merawat tumbuhan, bunga, peneliti Bio, Make up, salon, pendidikan, kesehatan, olahraga, Kedokteran, memasak (roti, kue), Pijat, skin care dan sebagainya.