Tanya & Jawab Tentang Study Ke Jepang


Kalau level anda masih banyak berkurang, susah untuk lanjutkan kuliah ke universitas kejuruan atau universitas normal. Lebih baik belajar di Jepang dari level pertama dengan rajin dan jujur setelah itu baru bisa melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Biayanya ada pengaruh dengan naik turun kurs, daerah dan sekolah tetapi kira kira ¥650,000 - ¥ 980,000. Untuk biaya hidup itu di daerah Tokyo kira - kira ¥100,000 - ¥ 130,000 dan di luar kota ¥ 70,000 - ¥ 100,000. Jika anda tidak punya part time job biaya 1 tahun ¥2,000,000.

Di Jepang 85% para siswa punya part time job. Yang paling banyak kerja di restoran dan selain itu ada uga cleaning service, sales, berdagang, guru bahasa asing. Gaji untuk part time job kira kira ¥900 ~ ¥1,200 dan siswa yang mempunyai izin belajar bisa kerja 4 jam 1 hari, 20 jam 1 minggu. Yang mempunyai izin visa student bisa kerja 28 jam 1 minggu (pada waktu libur panjang perkuliahan 8 jam 1 hari) "Perhatian part time job"

  • Tidak boleh menggangu waktu belajar
  • Tujuannya hanya untuk menambahkan biaya sekolah
  • Tidak boleh bekerja di tempat hiburan malam, karaoke, dan panti pijat
  • Tidak boleh melewati waktu dari jam tertentu

Dokumen daftar VISA itu berbeda di antara daerah dan keadaan anda. Paling penting adalah anda harus tentukan tujuan dan alasan. Di daerah Tokyo bisa dapat dengan mudah tetapi di daerah di luar kota seperti Kyoto, Osaka harus melengkapi dokumen karena lebih sulit untuk mendapat visa. Saat ini juga ada pengaruh tentang umur, Pendidikan terakhir dan pengalaman ke Jepang, oleh karena itu diperlukan diskusi dengan konsultan.

Para siswa asing yang lulus dari universitas kejuruan akan mendapat predikat ‘orang spesialsa’ dan hanya orang ini yang bisa mendapat pekerjaan, dibagian teknik, pengetahuan keadaban, pekerjaan diantara Negara, dan sebagainya. Kalau jurusan anda tidak berhubungan dengan pekerjaan anda, maka anda tidak bisa merubah VISA dengan VISA tinggal. Oleh karena tiu, sebelum mendapat kerja harus memeriksa dahulu apakah jurusan yang anda inginkan bisa menerima anda sebagai ‘orang spesialisasi’ atau tidak, dan apakah pekerjaan ini bisa mendapat VISA atau tidak.

Sekolah ini merupakan salah satu sekolah tinggi yang berada di Jepang dan merupakan universitas yang mempunyai program kejuruan. Sekolah ini diajarkan tentang teknis, pengetahuan, mendapat fungsi tertentu dan menambah akhlak. Masa belajar dimulai dari 1 tahun sampai 4 tahun tetapi yang sederhana adalah 2 tahun. Setelah lulus program masa belajar 2 tahun bisa mendapat pekerjaan tetapi 30% siswa belajar di program 3 atau 4 tahun. Ciri cirinya adalah sekolah ini mempunyai banyak program untuk mendapat pengetahuan yang berguna.

Untuk biayanya lebih baik anda merujukan pada informasi universitas masing masing karena biaya universita itu berbeda beda diantara jenis sekolah (swasta, umum, negeri). Kami memberikan informasi biaya perkiraan. Untuk universitas negeri, pada tahun 2003 biaya itu ¥ 802,800 tidak ada perbedaan diantara jurusan dan daerah. Universitas umum juga hampir sama dengan universita negeri. Untuk universitas swasta, biayanya ¥ 1,000,000 - ¥ 1,400,000 tetapi harga ini berbeda diantara jurusan dan untuk fakultas kedokteran, lebih mahal ¥ 200,000 - ¥ 300,000 (termasuk biaya praktek). Harga ini lebih mahal dibandingkan dengan di Indonesia, tetapi universitas Jepang banyak melakukan sistem pengurangan biaya jadi biayanya bisa berkurang sampai dengan 50%. Biaya diatas termasuk biaya pendaftaran, biaya sekolah dan biaya sekolah ini dibayarkan per semester. Biaya yang harus dibayar waktu masuk sekolah itu 60~70% per tahun dan dari tahun kedua tidak perlu mambayar biaya daftar jadi biaya sekolah itu lebih murah ¥ 200,000 - ¥ 300,000 dari pada tahun yang lalu.

Tidak bisa karena di Jepang ada beberapa semester (bulan 1, 4, 7, 10). Bila anda mau lebih dari 6 bulan harus daftar sebelum 6 bulan di mulainya masuk sekolah, selain itu ada juga system belajar selama 4 , 8, 12 minggu tanpa VISA selama 90 hari (tidak boleh lebih dari 90 hari).