Melanjutkan Kuliah ke Universitas


Universitas negeri dibangun oleh Pemerintah, universitas umum dibangun oleh badan pemerintah otonom dan universitas swasta dibangun oleh badan hukum universitas

Perbedaan mendasar universitas umum dan universitas swasta di Jepang:

  1. Universitas umum, lebih banyak fakultas ilmu keguruan dan jurusan ilmu pengetahuan alam
  2. Universitas swasta, 80% dari seluruh universitas, tetapi ada juga universitas yang mempunyai ciri ciri istimewa dibeda dengan universitas umum dan universitas negeri.

Biaya universitas swasta lebih mahal dari pada universitas umum dan universitas negeri, (tergantung jurusan).

Semester perkuliahan memang ada perbedaan diantara fakultas tetapi kebanyakan universitas umum dan negeri mulai pada bulan Februari - Maret, dan untuk universitas swasta dimulai pada bulan Oktober - Februari tahun berikutnya.

Dari tahun 2002 ujian masuk seharusnya berdasarkan pada EJU (Examination for Japanese University) kemungkinan besar kebanyakan universitas umum dan negeri akan mengikuti ujian ini. Memang saat ini sebagian universitas masih mengikuti ujian ini tetapi untuk waktu yang akan datang seluruh universitas akan mengikuti ujian ini.

Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam

  • Matematika I (dasar dari Matematika)
  • Matematika II (Pelajaran Matematika yang lebih sulit),
  • Ilmu pengetahuan alam (Pilih 2 diantara Fisika, Kimia, biologi).

Jurusan Sastra

  • Matematika I
  • Sejarah Dunia
  • IBahasa inggris I & II

Dan 80% universitas mengadakan ujian khusus untuk mahasiswa asing. Ujian umum - EJU (Examination for Japanese University), ujian masuk universitas dari akademi Ujian dari universitas. Pemeriksaan dokumen, interview, ujian tertulis, thesis kecil, menulis, uji bakat, ujian praktek.

Yang ingin melanjutkan kuliah di universitas umum maupum negeri, harus ikut ujian ini.Tetapi kebanyakan universitas tidak memberlakukan ujian ini bagi siswa asing. Biasanya fakultas yang mengadakan ujian ini adalah, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas ilmu keguruan. Sebelumnya para siswa dapat langsung menanyakan ke universitas yang akan di tuju.

Program ini adalah program perkuliahan yang ingin mendengar, dengan sks dan persyaratan berbeda-beda. Program pendengar ini hanya bisa diikuti bila ada kelebihan siswa dan sks yang menamatkan itu tidak ditambahkan pada sks yang harus diambil.